teknik pendingin

Selasa, 24 Oktober 2017

Masalah umum ac.

Penyebab ac rumah tangga kurang dingin.

Pada umumnya penyebab ac kurang dingin dapat dibagi menjadi 2 bagian.

Penyebab umum.

     Penyebab umum ini saya kategorikan sebagai penyebab yang tidak berasal dari ac itu sendiri melainkan dari faktor luar , seperti :

1.Kotor.
   Ini adalah penyebab yang sering kita abaikan namun berdampak besar pada ac itu sendiri nantinya.  Ciri ciri umumnya biasanya di tandai dengan kurang kencangnya hembusan angin yang keluar dari indoor ( suara angin keluar sudah berirama). Selain itu, juga bisa dilihat dari adanya tetesan air yang merembes dari sisi ac.
2. Listrik
      Biasanya dalam kasus ini, hanya terjadi di daerah daerah pelosok kota. Dimana voltage sudah mengalami penurunan karena kurangnya travo travo yang dapat mengangkat voltage. Voltage akan turun pada saat beban puncak dan itu sering terjadi di waktu menjelang malam.
3. Cuaca / iklim
    Kebanyakan konsumen khususnya daerah tropis, mengeluh dengan kurang dinginnya ac mereka setelah terjadi peralihan musim, dari musim penghujan ke musin kemarau. Sebenarnya, kerja ac itu konstan. Baik itu musim penghujan maupun musim musim lainnya. Cuman yang membedakannya yaitu suhu sekitar. Dimana pada saat musim penghujan ac pasti akan terasa lebih dingin dibandingkan dengan musim kemarau.
4. Posisi
   Letak ataupun posisi indoor ac bisa menyebabkan ac akan terasa kurang dingin. Miasal, diatas pintu yang selalu terbuka, ditempat tempat panas (dapur).  Dan diruangan terbuka atau luas dimana ukuran BTU ac tidak sesuai kapasitasnya untuk mendinginkan. Dan penyebab yang lainnya.
 
Penyebab khusus
    Penyebab yang terjadi dari ac itu sendiri. Seperti:
1. Kompresor
    Melemahnya kompresor seiring dengan bertambahnya usia kompresor.
2. Motor fan
     Motor fan (kipas) indoor sudah tdk bekerja normal lagi. Sehingga hembusan dingin sudah tidak maksimal.
3. Freon/refrigerant.
   Kurangnya refrigerant pada ac. Ini disebabkan karena ada kebocoran pada unit ac.
4. Komponen ac
    Adanya malfungsi / kurang berfungsinya sebagian komponen penunjang kinerja ac. Baik yang di indoor maupun di outdoor unit.

  Dan masih banyak lagi penyebab ac kurang dingin. Namun pada dasarnya penyebab utama baik buruknya ac itu tergantung 3 hal. ( Pemasangan, listrik/voltage dan perawatan berkala). 

Tidak ada komentar: