teknik pendingin

Jumat, 27 Oktober 2017

Hal hal yang membuat pengguna ac gak nyaman

 Semua pengguna ac pastilah ingin menikmati ac nya dengan nyaman. Namun sering kita menjumpai beberapa hal yang membuat kita gak nyaman dengan ac tersebut, hanya karena faktor sepele saja. Dan faktor tersebut adalah
1. Menetes air.
    Kasus ini sepele, namun membuat kita gak nyaman karena rembesan airnya membuat bekas pada tembok. Apalagi kalau posisi indoor ac berada di atas tempat tidur. Biasanya penyebabnya karena ac dalam keadaan kotor atau kurang freon.
2. Berisik.
   Dalam kasus ini, sering dijumpai ac kedengarannya mengeluarkan suara suara yang gak enak didengar. Suara itu umumnya terdengar disaat malam hari dimana keadaan sudah sepi dan sunyi, yang membuat kita susah tidur.  Penyebabnya bisa karena posisi indoor ac gak rapat, ada posisi casing yang gak terpasang benar, motor fan dah berisik pada bearing , namun jika suara tersebut muncul apabila ac sudah start diatas 1 jam dan disertai dengan percikan air ,maka kemungkinan besar pipa sudah bersalju (kemungkinan kotot dan kurang refrigerant)
3. Tiba tiba mati.
   Kenyamanan akan penggunaan ac akan terhenti disaat saat yang tidak diduga, dimana ac langsung mati. Penyebab umumnya yaitu karena ada gangguan pada listrik dirumah (voltage naik atau turun). Yang menyebabkan pcb ac tidak normal. Bisa karena kelebihan beban pada kompresor yang membuat pembatas listrik/ncb jadi turun. Disarankan untuk menghubungi teknisi ac untuk pemeriksaannya.
4. Berbau.
   Faktor besar yang membuat ac berbau busuk itu dari lingkup sekitar ac itu sendiri. Karena ac tidak menghasilkan bau kecuali udara yang dihisap. Penyebabnya, itu biasanya dari faktor pembuangan ac yang mengarah kesaluran pembuangan air kotor( selokan/ drainase buangan rumah tangga). Namun ada juga faktor karena ada hewan kecil yang mati dalam ac, seperti cicak tikus dll.
5. Mati / hidup.
   Ketidaknyamanan seperti ini serung terjadi. Disaat ac dalam keadaan nyala tiba tiba mati , atau sebaliknya.  Faktornya bisa di karenakan setelan remot pada timer, setelan suhu yang terlalu tinggi., Tombol on/off tertekan pada casing, pengatur suhu ruangan suhu tidak berfungsi normal, tegangan listrik tidak normal, faktor kekurangan refrigerant, kotor, dan lain lainnya.

Tidak ada komentar: