teknik pendingin

Minggu, 29 Oktober 2017

Contoh gambar kebocoran pada ac rumah tangga

Gambar kebocoran ac

 Kebocoran pada evaporator
Kebocoran ini disebabkan oleh beberapa faktor. Namun faktor terbesar adalah penggunaan bahan kimia disaat melakukan pencucian unit ac yang  tidak begitu bersih. Selain itu , faktor  lingkungan juga mempengaruhi, seperti dekat kanal /selokan besar, dimana zat asam nya dapat membuat korosi pada logam yang masuk melalui pembuangan air ac. Faktor lainnya adalah zat garam yang terdapat dipesisir pantai. Juga penggunaan spray yang berlebihan di ruangan. 

Kebocoran pada sambungan pipa
Faktor kebocoran terbesar pada ac yaitu pada penyambungan pipa indoor dan outdoor. Sering sambungan ini dilakukan tampa hati hati dan menyebabkan kebocoran. Faktornya ada pada pemotong pipa yang dipakai yang kurang tajam atau flering tools yang kurang baik. Juga bisa disebabkan karena kwalitas pipa yang tipis.

Kebocoran pada terminal kompresor
Kebocoran pada posisi ini sangat jarang terjadi. Biasanya terjadi dikarenakan beban panas berlebih pada kompresor disertai dengan longgarnya kabel penghubung pada terminal kompresor, sehingga terminal tersebut tercabut dengan dorongan refrigerant dari dalam.

Kebocoran pada pentil pengisian
Faktor ini disebabkan karena karet pada pentil pengisian sudah kalah oleh usia atau panas yang berlebihan.

Kebocoran pada pengelasan pipa.
Kebocoran pada pengelasan sangat minim terjadi, namun bisa saja terjadi kalau kwalitas pengelasan kurang baik.

Bukti kebocoran
Gambar ini menunjukkan salah satu bukti terjadi kebocoran, dimana tekanan refrigerant sudah berkurang dan mengakibatkan pipa discharge/pipa tekan membeku. Refrigerant tidak akan berkurang kalau tidak ada kebocoran. Karena refrigerant bersikulasi terus dalam pipa bersamaan dengan oli kompresor( kadarnya hanya sedikit).

Tidak ada komentar: