teknik pendingin

Selasa, 20 Maret 2018

Cara pengisian refrigerant

 Tutorial pengisian refrigerant pada ac.
 Dalam mengisi refrigerant disuatu pendingin (ac), tidaklah mudah namun tidaklah juga sulit. Karena harus melihat beberapa hal.
  Berikut adalah tutorial pengisian refrigerant pada unit ac sehabis pergantian kompresor. Siapkan alat yang dibutuhkan.
1. Vacuum
2. Manifold
3. Tang amper
4. Kabel sambung/ stop kontak
5. refrigerant sesuai ac / pendingin masing masing brand

    setelah selesai pengelasan dan flashing unit barulah kita akan melakukan proses pemvakuman sebelum pengisian refrigerant / freon. proses pemvakuman (selang manifold yang berwarnah biru masuk ke unit pada nepel pengisian. sedangkan selang warnah kuning padavacuum. selangyang merah biasanya pada tekanan tinggi ac di pipa discharge, namun itu untuk unit diatas 5 pk pada umumnya.)    dilakukan paling sedikit kurang lebih 30 menit sampai 8 jam sesuai  kapasitas unit yang di vakuum. namun kalanya kalau ac split biasanya hanya 30 menit saja.

    tujuan daripada proses pemvakuman yaitu;
   
    .> untuk mengeluarkan sisa sisa udara yang ada dalam unit , agar tidak menyatu dengan frigerant.
        refrigerant yang menyatu dengan udara akan menyebabkan kebuntuan pada instalasi pipa ac. ter          utama pada pipa kapiler ac.
     >proses pemvakuman juga bertujuan untuk mengetahui kebocoran dini sebelum unit start atau                terisi refrigerant.
     >dingin yang di hasilkan unit yang di vakum lebih bagus daripada yangtidak di vakum

   setelah proses pemvakuman selesai, barulah kita menuju pada proses pengisisan refrigerant. namun pastikan semua insalan baik pipa maupun kabel terpasang dengan baik dan benar.setelah semuanya aman, pasang kabel power dalam mode standby. sebelum unit start, isi unit dahulu dengan refrigerant  ( SELANG YANG BERWARNAH KUNING PADA VACUUM DILEPAS DAN DI PASANG DI REFRIGERANT . buang angin terlebih dulu pada selang ) dan biarkan beberapa menit, dengan tujuan refrigerant bersikulasi dan mengisi ruang kosong dalam unit. setelah itu nyalakan unit, dan isi secara perlahan sambil memperhatikan amper dan tekanan refrigerant . isilah refrigerant sesuai nameplate masing masing unit. jangan isi terlalu banyak atau pun kurang , karena akan mengakibatkan unit eror.

     setelah tekanan refrigerant cukup dan amper tercapai. berhentilah melakukan pengisian.
ingatlah, sebelum melakukan pengisian , pastikan unit dalam keadaan bersih, karena akan mempengaruhi tekanan dan amper di unit. pengisian yang terbaik , pada saat cuaca dalam keadaan panas.




Tidak ada komentar: