teknik pendingin

Minggu, 25 Maret 2018

Kurang dingin

Sudah di cuci masih tidak dingin  


Pada dasar memiliki ac , sama halnya dengan memiliki kendaraan. bukan cuman ingin dipakai tetapi juga dirawat dengan baik. Maksud dari dirawat disini , bukan dilihat dari penampilan luarnya saja. yang kalau sudah mengkilap atau bersih dari luar berarti sudah bagus perawatannya.

kebanyakan ac, problemnya sama saja. yaitu menetes air atau kurang dingin. solusinya sama yaitu, terletak pada kondisi ac yang bersih atau kotor. apakah  ac yang kotor punya dampak yang besar? jawabnya iya. apa aja dampak yang ditimbulkan. 
Kurang dingin. ac yang dalam kotor pasti akan terasa panas atau kurang dingin. karena indoor atau unit dalam ac tidak akan maksimal melempar dingin di karenakan kotoran yang menutupi sirip evaporator.
  1. Boros listrik. ac yang dalam keadaan kotor, apalagi yang kotor unit luar atau outdoor itu akan memakai daya yang lebih dari kemampuannya. outdoor yang kotor tidak mungkin bisa membuang panas yang maksimal. sehimgga akan menimbulkan panas balik pada kompresor.kompresor yang panas pasti akan menaikkan amper (A). amper yang naik pasti akan menaikkan beban daya pada listrik. contoh ; jika ac kita 1 pk dengan amper 4.  maka  4X220=880 watt. tapi kalau amper naik menjadi 4,5 karena kondisi outdoor yang kotor. maka anda akan menggunakan daya sebesar 4,5x220=990. berarti anda akan boros 110 watt
  2. Menetes air. kasus ini sering terjadi, penyebabnya karena saluran talang ac tersumbat dengan lendir, namun konsumen sering berkata, kalau ac nya baru saja dicuci. maka jawabnya adalah masih kotor (diluar dari faktor kebocoran freon). ac yang bersih tidak akan menimbulkan suara gelombamg angin yang terhembus. karena angin yang masuk melalui sirip evap tidak terhalang sama kotoran dan sebaliknya, ac yang kotor pasti menimbulkan suara gelombang pada hembusan angin yang keluar. jika ac sudah dicuci dan masih menimbulkan suara gelombamg angin. maka di sarankan untuk cuci besar atau cuci turun.
  3. Dapat merusak kompresor     
    Berikut contoh gambar unit ac yang kotor

Tidak ada komentar: